15/07/18

Life report tentang cita-cita keliling Indonesia

Haluuu...

Hai, hai, kumulai ngeblog lagi. 
Salah satu keinginanku di tahun 2015 ketika balik ke Indonesia lagi adalah emang mau keliling Indonesia. Lalu selama 3 tahun ini alhamdulillah banyak kesempatan untuk mengunjungi daerah-daerah di Indonesia. Entah untuk kerjaan atau emang liburan sendiri. Seringnya sih liburan sendiri kayaknya. Anyway, ternyata bener kan, apa yang Kita tulis, apa yang Kita inginkan bisa tercapai. Salah satu daerah yang aku ingin banget kunjungi adalah Banyuwangi. Sempet nulis di komen Fb juga kalo pengen banget ke Banyuwangi. Lalu, ujug-ujug secara nggak direncanakan dapet aja tiket promo ke Banyuwangi dan ada gang trip yang oke-oke aja kalo ke Sana juga. Dan Kita ngabisin waktu nggak cuma pas weekend tapi 5 Hari ma men. Wkwkwk. Alhamdulillah. 
Puas banged keliling Banyuwangi, dari mendaki gunung, ke safari, ke pantai dan nyebrang laut ke Pulau Menjangan yang di Bali Bartat juga. 
Oh ya, selama 3 tahun ini juga udah beberapa Kali ke Bandung, Jogja dan Solo. 
Lalu, kayaknya ya, setelah tiga tahun ini keliling Indonesia, aku mau menanamkan keinginanku lagi kalo sebaiknya tahun depan aku mulai rajin nabung untuk ke negara-negara di luar negeri, kayak Jepang, Eropa, Australia dan US. Mimpi dulu gak papa ya. Heheheh. Ke dalem negeri nggak papa juga si, tapi biar semangat lagi aja nabung dan jalan-jalannya. Biar lebih fokus gitu nabungnya karena biaya yang dikeluarkan untuk jalan-jalan di dalam dan ke luar negeri itu mirip-mirip. Jadi nabungnya biar bisa diprioritaskan untuk ke luar negeri dulu aja. Semoga semesta mengiyakan, semoga Tuhan mewujudkan. Amiiin 

Jakarta, 15/7/2018. 

22/03/18

"Memperpanjang Passport" di "Mall Pelayanan Publik Jakarta"


sumber gambar

Halo, saya mau cerita pengalaman saya memperpanjang passport di Mall Pelayanan Publik Jakarta. Bagi yang belum tahu, mall pelayanan publik itu adalah mall yang isinya segala macam pelayanan yang dimiliki oleh Pemda DKI Jakarta. Jadi bukan mall pusat perbelanjaan ya hehe, lokasinya ada di sebelah Gedung Nyi Ageng Serang Kuningan. Nah, salah satu layanan yang mereka miliki adalah counter imigrasi yang khusus untuk layanan perpanjangan passport. Minggu lalu saya mencoba layanan ini dengan tahapan sebagai berikut: 

1. Install aplikasi "antrian paspor"
2. Cek jadwal di hari Sabtu aja karena kalo ga salah antrian dibuka jumat malem.
3. Pilih kanim Dan jadwal yang cocok. Saya pilih Mall Pelayanan Publik Jakarta. Pas cek jadwal di hari Sabtu masih banyak yg kosong di minggu depan, depannya lg dari hr itu.
4. Print bukti antrian
5. Menyiapkan kelengkapan dokumen: Utk passport sejak tahun 2009 yang diperlukan adalah: Fotokopi KTP Dan passport lama halaman depannya ajah di kertas A4 jangan digunting (1 lembar aja masing2).
6. Datang 15 menit sebelumnya sesuai jadwal.
7. Ambil nomer antrian di lantai 1.
8. Naik ke lantai 3.
9. Duduk nunggu antrian dipanggil (loket imigrasi ada di loket 23 dan 24 Dr pintu masuk ke kanan)
10. Dipanggil
11. Nyerahin berkas
12. Nunggu difoto
13. Difoto + ditanya2
14. Diksh bukti utk bayar
15. Bayar paling lambat 7 Hari setelah daftar
16. Passport jd 7 Hari kerja setelah bayar (utk e passport)
Total waktu proses mengurus kurang lebih 1-1.5 jam. In my case,
Datang jam 12.30. Jam 13.00 dibuka layanan. Dipanggil penyerahan berkas 13.15. Dipanggil foto 13.30. Selesai 13.45.

Sekian pengalaman yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat ya!

20/02/18

Cara Mengurangi Memory Email yang Penuh

sumber foto


Beberapa hari lalu saya tanpa sadar tidak bisa menerima dan mengirim email karena email saya penuh. Baru sadar pas besoknya mau ngirim email, eh ternyata ada notifikasi kalau email saya udah super penuh jadi nggak bisa ngirim atau nerima email. Di situ ada penjelasan kalo saya harus segera mengosongkan memori atau melanggan untuk mendapat kuota memory yang lebih besar. Okey, karena saya masih berusaha untuk mau ngurangin aja darapada melanggan, jadi saya utak-atik gimana caranya supaya seenggaknya ada space untuk email-email baru. Saya sempat tanya-tanya juga di status fb supaya dapat tips dari teman-teman yang lain. Dan ternyata dapet tips yang lumayan wkwk. Berikut ini beberapa caranya (saya pakai gma*l ya):

  1. Kosongkan email bermuatan besar (search di email dengan: "has:attachment larger:10M")
  2. Kosongkan email promosi dan sosial media (Sila cari di youtube tutorial menghapus email secara cepat) 
  3. Pastikan email dihapus permanen. (Cek folder sampah, dan klik hapus permanennya). 
  4. Cek go*gle drive, hapus juga file yang nggak dibutuhkan 
  5. Cek go*gle photos, relakan foto-foto yang kurang penting untuk dihapus. 
  6. Dapet tips dari teman, kalo kita sering post di google maps, kuota memori kita bisa bertambah.
Sekian tipsnya, semoga bermanfaat!

Salam,

Ashry

11/01/18

5 Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dicoba

Jogja merupakan salah satu kota wisata di Indonesia yang lumayan terjangkau, baik dari segi jarak maupun biaya. Kalo ke kota ini, dari mulai wisata alam, wisata belanja, wisata sejarah sampai ke wisata kulinernya. Suda
h berapa kali saya ke Jogja, berikut tempat-tempat terkini yang layak untuk dicoba ketika mengunjungi Jogja (tulisan ini dibuat awal tahun 2018 ya):

1. House of Raminten.
Kalo punya teman dari luar negeri, rekomen banget untuk mengajak mereka makan di sini. Karena tempat ini sungguh kental dengan suasana Jawanya. Para pelayan mengenakan pakaian tradisional Jawa. Selain itu, makanan yang disajikan juga makanan-makanan khas Jawa. Dan, harganya pun sangat terjangkau.

Mie godog di House of Raminten 


2. Jejamuran
Walaupun lokasi restoran ini jauh dari Malioboro, restoran ini sungguh sangat layak untuk dikunjungi. Karena yang pertama, masakannya unik, semua makanan dibuat dari berbagai olahan jamur. Jadi, jenis masakannya masakan Indonesia seperti rendang, sate dan tongseng, tapi isinya jamur. Unik kan? Selain unik, rasanya juga juara! Dari segi harga juga terjangkau. Selain itu, restoran ini luas, begitu juga tempat parkirnya. Tempat yang oke untuk membawa rombongan dengan jumlah besar untuk ke sini.


Berbagai makanan dari olahan jamur di Jejamuran


3. Roaster and Beer
Kalau 2 restoran sebelumnya merupakan restoran dengan makanan ala Indonesia khususnya Jawa, Resto ini menawarkan menu dan suasana ala western. Yang oke dari restoran ini adalah suasananya, dekorasinya (ada boneka Teddy Bear yang gede banget), rasa makanan yang lumayan, dan harga yang masih reasonable.

Burger yang unik di Roaster and Beer 


4. Tempo Gelato di Kaliurang
Capek jalan seharian keliling Jogja, pengen something sweet dan unik? ke Tempo Gelatto aja! Heheee. Di sini, selain ukuran gelattonya yang besar, rasa gelattonya juga unik-unik, misalmya rasa kemangi dan jahe. Selain itu, tempatnya juga nyaman untuk leyeh-leyeh karena hampir di semua meja dekat dengan colokan.

Gelato rasa Matcha dan Milo (kalo nggak salah) di Tempo Gelato 


5. Brick Kafe
Selain kafe ini sungguh sangat instagrammable (hampir di setiap sudut kafe ini instagram genic), jenis kopi yang ditawarkan juga beraneka macam dan rasanya pun juga lumayan.

Berpose ala di depan kafe di London wkwkwk alias di Cafe Brick Jogja



Sekian infonya, selamat berburu kuliner-kuliner enak di Jogja!

21/09/17

Bisa jadi

Bisa jadi,
orang yang kita nggak begitu suka, entah apa pun alasannya,
ternyata dia yang bantu promo voting untuk like akun kita di suatu kompetisi di dunia maya.
Bisa jadi,
orang yang kita nggak begitu suka, entah apa pun alasannya,
ternyata dia yang memilih kita di antara banyak calon yang lebih populer dan kompeten
di suatu pemilihan random yang dipercayakan pada kita.
Bisa jadi,
orang yang kita nggak begitu suka, entah apa pun alasannya,
ternyata doanya yang paling tulus dan paling cepat diterima ketika mendoakan kita
Bisa jadi,
orang yang kita nggak begitu suka, entah apa pun alasannya,
ternyata selalu setia mendampingi mereka yang kekurangan, menyisihkan sebagian jerih payahnya.
sedangkan kita tidak sedikit pun memberikan apa-apa untuk mereka.
Bisa jadi,
orang yang kita nggak begitu suka, entah apa pun alasannya,
ternyata ia penyambung amal kita di dunia karena telah menerapkan sedikit ilmu atau bahkan perkataan baik dari kita yang mungkin kita sendiri sudah lupa.


Depok, 22/9/2017


Sumber gambar : dari sini