Pages

13/03/13

Awal cerita ke Malang: cerita pertama

18 Jam di kereta Matarmaja
Yuhu.... langsung aja yak, baru sampai kemarin pagi saya langsung cerita tentang trip ke Malang-Batu-Bromo kemarin (tanggal 9-12 Maret 2013)

Kenapa kami memilih kota Malang? Alasan utama karena kami pengen jalan-jalan aja naik kereta ekonomi. Tadinya mau ke Jogja, tapi Jogja udah sering banget *gayak*. Ke bogor juga bisa si kalo cuma mau naik kereta ekonomi *menurut ngana*. Akhirnya tercetus keinginan untuk ke Bromo. Nah, jalan untuk ke Bromo salah satunya lewat Malang. Yasudah kita bungkus aja ke Malang dengan mengucap bismillah.

Kali ini saya jalan sama anggota bebsgank: defi (bebsteh/depih), arif (bebsrip/gorip) dan Indy (bebsndir).  Kami pergi cuma berempat. Huhuhu. Masing-masing sudah pada sibuk, susah mau pergi seangkatan lagi.

Saya janjian sama arif dan indy di halte busway untuk bareng-bareng berangkat ke stasiun senen. Naik kopaja AC P20 dari halte jatipadang. Mungkin belum banyak yang tau ya kalo kopaja AC lebak bulus senen itu masuk jalur busway koridor  6 (Ragunan-Dukuh Atas). Tapi sampai di kuningan kopajanya ambil jalur biasa sama kaya kopaja yang biasa. Jadi lumayan, ga ngelewatin Mampang yang macet.

Setiba di stasiun senen, depih udah ngantri manis nukerin tiket mocan+arwan yg ga jadi pergi. Ternyata prosedur nuker tiket itu cukup ribet, dan uangnya bisa diambil 30 hari setelahnya.

Abis itu kami masuk untuk nunggu sang kereta datang. Agak telat setengah jam berangkatnya. Oya, sebelum naik kereta kita berdoa bersama dulu, semoga perjalanan kali ini lancar dan menyenangkan, amin.
Sampai di kereta kita duduk manis di seat masing-masing. Abis itu kita tidur.
Ini bukan pertama kalinya saya naik kereta ke luar kota. Kalo mudik emang seringnya naik kereta. Dan pengalaman mudik tahun lalu dengan kereta ekonomi lumayan enak, karena harganya murah banget jadi perjalanan kali ini kami memilih naik kereta ekonomi biar murceee. Untuk tiket kereta ekonomi Jakarta Malang (kereta Matarmaja) harganya 51ribu, PP jadi 102ribu. Dan tiket ini harus dipesan jauh-jauh hari supaya ga keabisan. Untungnya bebsteh sigap banget untuk ngurusin pertiketan ini. Jadinya dapet deh tiketnya, alhamdulillah. Kereta ekonomi sekarang emang udah lebih bagus. Udah ngga ada lagi orang yang berdiri-diri. Semuanya duduk. Tapiiii   18 jam naik kereta ekonomi sungguh sesuatu. Hahaha. Keretanya panas dan terasa sempit banget. Rame banget pula. sedikit bikin troma. Hahahaaa. Udah mau mesen tiket pesawat aja pas pulang rasanya. Hadoooh katanya bekpeker. Di kereta saya cukup ngga betah. Karena saya orangnya ngga bisa diem. Paling ga, makan ngemil-ngemil kalo ga tidur. Untung perbekalan lumayan lengkap, biskuit, coklat, wafer, roti siap sedia.

18 jam di kereta Matarmaja

arief yang ngambil gambar

arief's

Penumpang di depan kami turun di stasiun solo jebres sekitar jam setengah 1 malam, jadi bangku di depan kosong. Lumayan jadi bisa selonjoran. Tapi, dua jam kemudian sampai di stasiun mana gitu, ada penumpangnya lagi. Lagi enak-enak tidur selonjoran mesti back to laptop.
Tapi alhamdulillah bisa selonjoran sebentar.

Tak terasa (terasa banget padahal) hari sudah pagi. Sang mentari terbit dengan cantiknya di ujung sana. Sama seperti di film 5 cm saat Junot dan pevita pears melihat matahari dari gerbong kereta. Cantiiik. Tapi eike gak berani ngikutin adegan di pinggir gerbong gitu. Cuma moto-moto dari dalem aja.
Subhanallah.

Turun dari kereta dengkul terasa ngilu karena semaleman ga sempet selonjoran. Tapi semangat untuk ke bromo tak pernah padam.

Sampai juga di Malang

Dua hari sebelum berangkat, saya mencari penginapan dan sewa mobil di Malang. Malam sebelumnya kami ketemuan di bebek Kaleyo Tebet buat ngomongin trip ini. Tapi yang dateng cuma saya, gorip dan bebsndir. Dari hasil perbincangan malam itu kami sepakati bahwa tebet bukan merupakan tempat yang pas buat ketemuan sepulang kerja. Lhaaaa. Hahaha. Oke, kita putuskan untuk nginep di Malang aja, dan sewa mobil untuk nganter ke Bromo jam 1 malam. Karena sebelumnya banyak pilihan. Mau full backpacker, yang mana kita harus ngeteng dari stasiun Malang, langsung berangkat ke Bromo dan bermalam di sana. Atau Dengan travel sekalian, jadi semua udah diatur sama travel. Atau ditengah-tengah, istilahnya flashpacker *halah gayak*. Akhirnya kami memutuskan pilihan yang terakhir. Dengan pilihan tersebut maka PR kami adalah nyari penginapan di Malang  dan sewa mobil Malang-Bromo-Malang.

Dengan browsing sana sini akhirnya saya memilih Simpang Homestay untuk penginapannya, dan Malang Transport untuk sewa mobilnya. Keduanya sudah di booking dan smoga lancar nantinya.

Sampai di stasiun Malang kami harus naik angkot/taksi menuju Simpang Homestay. Dengan bermodalkan ingatan di telpon dengan mbak-mbak pegawai homestay kalau kita bisa ke homestay tersebut dengan naik angkot ABG (mudah diinget banget) kami langsung naik angkot itu begitu keluar stasiun. Tadinya agak ga percaya karena dikira angkotnya itu ada nomernya, ternyata di Malang nama-nama angkotnya emang dari huruf gitu.

Selama naik angkot, Indy dan arief sibuk mengamati GPS. Dan akhirnya arief nyetopin angkotnya tatkala GPS menunjukan jalan Borobudur di depan mata. Kami pun sigap mengikuti bapak Komandan.