Pages

18/06/19

Salah satu pertanyaan tentang uang

Belum lama adik saya bertanya, dia ini baru lulus kuliah btw. Walaupun baru lulus, dia udah punya pengalaman kerja karena pas kuliah kemarin sempet ngerjain beberapa proyek jadinya dia udah pernah ngerasain punya duit dari hasil kerjanya sendiri. Lalu, dia nanya ke saya gini, "Kak, kenapa orang-orang suka bilang, awal bulan aja ya, atau jangan minggu-minggu ini karena belum gajian," pas misalnya mau beli sesuatu atau mau jalan-jalan atau mau makan-makan. Adik saya beneran nanya, emangnya kalau kaya gitu bener-bener pas nggak punya uang/ tabungan atau kenapa ya kak (karena mungkin nominalnya juga nggak terlalu besar, misal mau makan di luar ga sampe 50 ribu). Mungkin pertanyaan itu terdengar polos atau receh hehee tapi mungkin perlu kita jelaskan dengan bijaksana. Lalu saya pun menjelaskannya seperti ini, sesuai dengan pengalaman saya mengelola duit sendiri. Yang pertama, mungkin orang tersebut memang bener-bener gak punya duit, ga punya tabungan, duitnya udah ngepas banget untuk keperluan sehari-hari sampai akhir bulan. Yang kedua, orang tsb memang punya manajemen keuangan yang baik, duitnya udah pas habis dibagi-bagi untuk banyak pos pengeluaran (Tabungan, investasi, dana darurat, pengeluaran rutin, pengeluaran tahunan, dll yang ga bisa diutak atik untuk yang lainnya) jadi udah nggak ada tempat lagi untuk pengeluaran tambahan itu. Mungkin di akhir bulan itu jatah untuk pengeluaran tambahannya sudah habis. Kira-kira demikian, saya kasih tau ke adik saya gitu. Jadi kalo ada temannya bilang ga ada duit, mungkin salah satu dari dua alasan tersebut. Heehee random banget ya, but I like when my sister asking those random questions and I can answer it wisely, wkwkkw. 

_another catatan random





Tidak ada komentar:

Posting Komentar