Pages

05/09/20

Tentang penampilan

Belum lama seorang kawan bercerita tentang pengalamannya perihal sikap orang lain karena pakaian yang ia kenakan, ia berhijab syari. Sampai saat ini ia masih sering mengalami seperti di underestimate orang lain. Padahal saya pun tahu, kawan saya ini memang capable dalam banyak hal. Lalu saya pun berpikir dan mengingat, apa yang pernah saya alami dan pernah saya lihat juga. Saya pun pernah mengalaminya baik saat saya pakai kerudung dan tidak. Saya pun merasakan, bagaimana orang lain bersikap -yang kurang mengenakkan. Dan saya juga melihat di media sosial, misalnya, ada orang yang berpakaian tidak berhijab atau berhijab tapi tidak berhijab syari. Kadang ada yang berkomentar, mengharuskan seperti ini atau seperti itu. Saya pun pernah merasakannya sendiri ya.

Saya cukup menyayangkan, ternyata masih banyak orang yang hanya melihat sesuatu dari fisiknya saja. Dari luar. Padahal area itu adalah otoritas masing-masing individu. 

Ada yang seperti “tidak ramah” dengan yang berhijab syari. Ada juga yang “tidak ramah” dengan yang tidak berhijab, jilbab gaul or lepas  kerudung. Menurut saya semuanya ini sama. Sama-sama tidak atau belum bisa menghargai pilihan orang dan bahkan tidak menghargai orang lain kalau sikapnya sudah membuat orang nggak nyaman.  

Namun, saya pun juga tahu dan yakin banget. Sudah banyak juga orang yang sangat bisa menerima dengan pilihan-pilihan orang lain. Yang memperlakukan orang lain dengan baik dan respect. 

Oh ya, point yang ingin saya sampaikan di sini adalah tentang sikap ya, tidak membahas tentang perihal mengingatkan. Yang jelas saya juga percaya, kalau kita menghargai orang lain maka kita akan menggunakan cara yang baik juga untuk menyampaikan. Dan salah satu cara yang baik adalah dengan menunjukkan kebaikan. 

Oh ya, hal ini mungkin tidak hanya dialami oleh perempuan, tapi juga laki-laki. Dan juga mungkin, ini bukan hanya dialami oleh muslim saja, tapi juga agama lain. 

Saya cuma bisa berdoa semoga saya dan anak keturunan saya selalu lebih bisa melihat orang lain dari hatinya. Semoga selalu dimampukan untuk bisa memperlakukan semua manusia dan mahkluk sama. Menghargai semua ciptaanNya. 

Karena mencari satu alasan untuk membenci itu memang sangat mudah, tapi semoga kita selalu bisa memilih untuk tidak mencari alasan tersebut. Dan semoga, kita selalu dilingkari dengan orang-orang baik seperti ini, amiin.


xoxo

Ashry