Pages

03/07/10

Singapura dan perpustakaannya


Kurang lebih setahun yang lalu saya berkesempatan mengunjungi negara tetangga, Singapura. Dengan jarak yang tidak begitu jauh dari Indonesia, negara ini nampaknya sudah seribu langkah lebih maju dari Indonesia. Negara sekaligus kota ini sangatlah modern. Well, kali ini yang ingin saya bahas adalah perpustakaannya sesuai dengan bidang saya. Hehe…. Untungnya saya berkesempatan mengunjungi 2 perpustakaan di negeri Singa itu walaupun hanya sebentar. Perpustakaan Regional di Woodland dan Perpustakaan Nasional Singapura. Hmmm…. Satu kata, awesome! Singapura memang negara yang rapi, termasuk untuk pengelolaan perpustakaannya. Walaupun negaranya kecil tapi perpustakaannya banyak juga lho! Ada 22 perpustakaan umum yang tersebar di setiap regionalnya. Sistem pengelolaannya pun seragam di semua perpustakaannya. Perpustakaan yang sangat canggih dan modern. Dari segi arsitektur bangunan, SDM, koleksi, design interior, dan penggunaan IT nya sangat modern. Perpustakaan menjadi tempat yang sangat nyaman dan sangat leluasa untuk pengunjung. Ya seperti kita jalan-jalan ke toko buku saja. Untuk sistem sirkulasi buku juga sangat user friendly, karena semuanya dilakukan oleh pengunjung sendiri. Seperti menggunakan mesin ATM. Pengolahnnya menggunakan DDC dan AACR sama kaya perpustakaan yang saya kelola (wehehhehe dimana-mana juga gitu ;p). Waktu itu saya hanya mengunjungi bagian buku-buku umum yang boleh dipinjam dan bagian koleksi referensi melayu. Jadi di sana koleksi referensinya di pisah-pisah gitu per kebudayaan. Kalo nggak salah terdiri dari budaya Melayu, China, Arab, dan India. Jumlah pengunjungnya setiap hari mencapai 6000-10000 orang. Hmm....Kapan ya Indonesia memiliki perpustakaan nasional seperti itu. Kita berdoa saja, amin J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar