Pages

26/09/18

Lima Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Liburan ke Negara Lain

sumber gambar

Salah satu hal yang menurut saya paling membahagiakan di dunia ini adalah menunggu waktu liburan yang sudah semakin dekat. Apalagi kalau urusan tiket, passport, visa dan urusan penginapan sudah aman alias tinggal nunggu waktu berangkat aja. Senang dan antusias pastinya. Tapi, jangan sampai suasana hati yang gembira akan menjadi sebaliknya karena kita kurang persiapan beberapa hal penting ketika sampai di Negara tujuan. Kan nggak efektif aja kalo ngabisin waktu seharian cuma untuk nyari converter colokan listrik di kota yang kita belum terlalu ngerti plus harga di sana biasanya lebih mahal juga. Untuk itu, harus banget mempersiapkan semuanya dengan baik supaya liburan kita aman damai lancar sentausa, amin. Biasanya saya memperhatikan 5 hal berikut ini ketika mempersiapkan liburan ke negara lain:

1. Converter Colokan Listrik
Setiap negara biasanya punya tipe colokan yang berbeda-beda. Akan lebih baik kalau kita sudah membawa converternya dari Indonesia. Apalagi kalo misalnya batre hp udah abis dan kita harus charge secepatnya. Biar nggak ribet, saya udah punya satu colokan yang international converter. Kalu mau beli, rata-rata harganya kurang dari 100 ribu rupiah.

2. Uang Yang Mencukupi
Ini pilihan masing-masing orang sih. Ada yang lebih nyaman semuanya pakai kartu kredit, atau ada yang bener-bener nyiapain cash. Kalau saya tipe yang bawa cash. Karena kalo nuker di negara lain kursnya biasanya lebih mahal. Kalau mau bawa cash, sebisa mungkin saya siapin jauh-jauh hari karena tempat tukar uang yang biasa saya datangi antrenya luar biasa. Oh ya, jangan lupa untuk cari info tempat penukaran uang yang rekomen di kota kita tinggal.

3. Provider telepon dan internet
Karena nggak semua negara menyediakan banyak fasilitas WiFi gratis di tempat umum, maka sungguh penting untuk cari info provider telepon yang rekomen untuk traveller di kota tujuan kita, selain itu cari tahu di mana lokasi belinya. 

4. Musim dan Cuaca
Biar nggak saltum bawa bajunya, cek-cek keadaan cuaca di tanggal-tanggal kita di sana. Jangan sampai jaket yang kita bawa kurang tebal atau sebaliknya.

5. Peta sistem transportasi
Biar sekarang ada GPS, biasanya saya selalu udah search duluan lokasi-lokasi di tempat tujuan. Lebih tenang aja kalau punya sedikit bayangan tentang peta kota tujuan. Di mana lokasi airport, main station, hotel tempat kita tinggal dan tujuan-tujuan wisata yang akan kita datangi. Tapi, memang mungkin ada beberapa orang yang lebih suka go show. Balik lagi ke preferensi masing-masing. Yang jelas setiapnya ada sensasinya. Hehe.

Oke kira-kira itu dulu aja, kalau ada yang butuh info tentang packing, saya pernah menuliskannya juga di di sini dan di sini. Terima kasih sudah membaca,  semoga liburannya selalu menyenangkan!

Cheers,
Ashry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar